OprekPC.com
Modifikasi - Tweak - Overclock

Alat Kelistrikan dan Rumah Tangga - Listrik sering jepret

ase123 - Sat Aug 14, 2010 8:27 pm
Post subject: Listrik sering jepret
bro kenapa ya listrik rumah ane sering jepret.. padahal daya dirasa udah cukup yakni 1300 watt.. yang paling sering sih malem2.. padahal alat2 yang nyala cuma rice cooker, kulkas, tv, ama lampu dll. tapi koq kadang suka gak kuat.. padahal kalo di itung2 tuh alat2 yg nyala gk lebih dari 1000 watt.. yang ahli listrik ada yang tau atau ada yang pernah ngalamin kek gini :help:
seenthink - Sat Aug 14, 2010 9:33 pm

bukan ahli listrik :p
cuman kebetulan tadi sore TransTV jam 16:30 salah 1 beritanya memberi info tentang praktik kecurangan listrik dengan mengakali PCB dimana PCB yg plasu ditest pake 5 setrika langsung makpet arusnya, kemudian waktu ditest pake PCB yg asli dengan 5 setrika masih kuat bahkan ditambah nyala tipi + sanyo juga masih kuat

apa mungkin PCBnya sampeyan pernah diganti bro ?

ase123 - Sat Aug 14, 2010 10:38 pm

PCB ya.. nanti tanya bokap deh.. terus di tv tuh cara bedain PCB palsu ama yang asli gimana caranya?
seenthink - Sat Aug 14, 2010 11:04 pm

cara bedainnya ndak liat dengan jelas bro karna disambi ngisi bak mandi dengan air PDAM, yg sempat aq liat sekilas nomer seri pada pcb isa diganti sehingga menyerupai aslinya tapi waktu ditest ketahanannya ternyata melempem
MAS - Sat Aug 14, 2010 11:19 pm

seenthink,

bukan PCB tapi MCB coba diliat,itu MC nya berapa ampere ? kalo 1300 sih harusnya ya 1300 : 220 : 6 Ampere harusnya atau taruh aja 10 ampere...

atau kasih alat slow start,yg biasanya dikenal sbg penghemat listrik....enggak menghemat loh,tp bikin spy listrik engga tripp


seenthink - Sun Aug 15, 2010 12:49 am

oo yach keliru ya kang, duh isin aq :toimonster:
makane perasaan kok ra penak ket mau jebule salah judule :hiding:

Elnova - Sun Aug 15, 2010 12:53 am

hehehe, mungkin ada benarnya juga masalah di MCB, tapi yg mesti di ingat dan yang paling berpengaruh adalah masalah "EFISIENSI" daya yg dipakai oleh alat2 listrik

apa benar Kulkas yang tertulis 300Watt, benar-benar menyedot listrik sebesar 300 watt?

kalau kurang dari 300watt rasanya namat sangat jarang terjadi, tapi kalau lebih dari 300watt ini yg paling sering terjadi

dulu gue pernah ngebahas masalah power factor/cos phi/efisiensi, lengkap dengan perhitungannya...

sekarang gue ulas secara singkat aja

Misalnya sebuah Kulkas dengan spesifikasi:

Voltage: 220 V
Power : 300watt
cos phi: 0,6 (misalnya yah)

jadi kalau kita hitung rumus daya (kondisi sebenarnya)

P = I x V x cos phi

300 = I x 220 x 0,6

300 = I x 132

I = 300 : 132

I = 2,27 bulatkan jadi 2,3 Ampere

------------------------------------------

Sekarang kita hitung berdasarkan Teori murni dimana nilai cos phi = 1

P = I x V x cos phi

300 = I x 220 x 1

300 = I x 220

I = 300 : 220

I = 1,36 bulatkan menjadi 1,4 Ampere

jadi secara teori, Kulkas dengan daya 300Watt memakai arus Listrik sebesar 1,4 Ampere sedangkan pada prakteknya kulkas tersebut memakan arus listrik sebesar 2,3 Ampere

itu baru 1 alat elektronik,

coba anda hitung lagi tiap alat, misalnya AC, kipas angin, mesin pompa air, televisi....hitung dengan menggunakan kedua metode tersebut

dan jumlahkan total arus dari metode pertama dan metode kedua, kemudian bandingkan dengan besar arus listrik yg masuk kerumah anda melalui MCB, misalnya kalau daya 1300 watt MCB nya sekitar 6 Ampere , kalau dari hitungan metode pertama (memperhitungkan nilai cos phi) dan hasilnya lebih besar dari Ampere yg tertera pada MCB...maka sudah pasti listrik dirumah anda sering trip/ jepret/ apa saja istilahnya

kenapa ada cos phi/efisiensi????

selamanya perhitungan dalam teori itu akan berbeda dengan kondisi fisik yg sebenarnya, maka timbullah efisiensi tersebut, beberapa faktor yg mempengaruhi :

1. Bahan komponen yg digunakan
Makin bagus bahan komponen yg digunakan, semakin memperbesar nilai cos phi

2. Suhu Kerja
Semakin dingin sebueh alat elektronik dan listrik bekerja, semakin besar nilai cos phi

3. Faktor umur
Semakin tua alat tersebut, maka kualitas komponen akan menurun yg menyebabkan nilai cos phi tersebut menurun

Jadi kalau kita menghitung daya listrik secara teori tentu rasanya daya listrik dirumah kita sangat cukup dan bahkan mungkin berlebihan

tapi kalau kita menghitung sesuai dengan kondisi dilapangan dengan memperhitungkan nilai cos phi tersebut, saya jamin...listrik dirumah anda tidak akan cukup...


jadi jangan kita hanya mencurigai MCB nya yg abal-abal...... curigai juga alat elektronik yg kita beli kualitasnya apa abal-abal juga????

sebperti contoh diatas kan, kulkas tersebut ternyata memakan arus listrik sampe 2,3 Ampere...itu kalau dihitung kembali menggunakan rumus daya

P = I x V

P = 2,3 x 220

P= 506 Watt......



itu sebabnya pengguna'an lampu neon dengan menggunakan Ballast sudah mulai ditinggalkan, semua beralih ke lampu hemat energi...karena mengacu pada perhitungan diatas...

karena untuk membuat ballast lampu neon yg nilai cos phi nya mendekati angka 1, membutuh kan kualitas komponen yg benar2 bagus dan bentuk Fisiknya akan semakin lebih besar dan tentunya ongkos produksi akan semakin lebih mahal...makanya solusinya adalah menggunakan ballast elektronik yg ada pada lampu hemat energ, ongkos proguks lebih murah, ukuran lebih kecil dan yg paling penting lebih hemat listrik

sekian uraian singkat dari saya, kalau ada teman yg mau konreksi dan menambahkan, silahkan....

ase123 - Sun Aug 15, 2010 3:32 am

oh gitu toh... kalo MCB gw emang udah 6 ampere.. emang sih barang2 di rumah gw udah tergolong cukup tua juga sih.. jadi kalo alat2 bagus dan baru itu cos phi nya pasti 1 kan..
terus yang metode 220x2.3 daya yg diperlukan kulkas yang harusnya 300 watt bisa menjadi 500 watt ya.. mantep juga :homework:

simpelnya rumah ane harus ganti MCB yang lebih besar arusnya, 20 ampere maybe atau nambah daya jadi 1500 watt maybe, atau dua2nya di tambah :homework:

MAS - Sun Aug 15, 2010 3:38 am

nah rangkaian dr saya itu sebenernya jg memperbaiki nilai cos phi ... cobain dah :iconbiggrin:
ase123 - Sun Aug 15, 2010 3:54 am

MAS wrote:
nah rangkaian dr saya itu sebenernya jg memperbaiki nilai cos phi ... cobain dah :iconbiggrin:


itu rangkeian kek gimana sih... dari gambar1 dirubah ke gambar2.. :help:

oh iya dirumah ane liat ada alat nempel ditembok.. tulisannya AUTOMATIC CIRCUIT BREAKER.. nah itu untuk apa ya?

MAS - Sun Aug 15, 2010 4:37 am

MCB ya biasa disebut automatic circuit breaker bro..gambar yg umum kek gini:

ini yg namanya MCB

kalo yg automatic circuit breaker biasanya itu ada sesudah MCB,biasa disebut sekring listrik ,yg biasane jg disebut MCB jg lah :iconbiggrin:

rangkaian itu mudah kok,intinya cuman jalur listrik yg di tempel ama capasitor nonpolar AC aja kok (AC = alternating current = arus bolak balik = arus listrik)

paham yah ? wkwkwkwk...

ase123 - Sun Aug 15, 2010 5:15 am

MAS wrote:

rangkaian itu mudah kok,intinya cuman jalur listrik yg di tempel ama capasitor nonpolar AC aja kok (AC = alternating current = arus bolak balik = arus listrik)

paham yah ? wkwkwkwk...


gk paham.. wkwkw... eamng nempelin capacitor kek gini dimananya? :help:

MAS - Sun Aug 15, 2010 5:33 am

gini bro..mudahnya aja yah.

===>=== jalur listrik===>== x meteran listrik x====> x MCB or sekring listrik ====>==

nah di bagian yg di bold itu kan ntar ada 2 kabel tuh,kutub minus dan positip,ya tempelin aja disitu :iconbiggrin: di solder boleh,di baut or make clamp bolt jg boleh kok.

gampang kan ? or beli aja alatnya...ada jg yg jual tapi mahal banget hahahahahaha....

ase123 - Sun Aug 15, 2010 5:52 am

MAS wrote:

nah di bagian yg di bold itu kan ntar ada 2 kabel tuh,kutub minus dan positip,


iya ada..

MAS wrote:
ya tempelin aja disitu :iconbiggrin: di solder boleh,di baut or make clamp bolt jg boleh kok.gampang kan ? or beli aja alatnya...ada jg yg jual tapi mahal banget hahahahahaha....


nah ini.. mentok disini.. wkwkw

ganti MCBnya aja deh yang amperenya gede.. toh bisa juga kan buat listrik gk jepret.. gk ada efeknya kan yah :hello1:

MAS - Sun Aug 15, 2010 5:58 am

ga masalah...tp faktor trip mungkin akan tetep ada,itu kan sebenernya cuman capasitor bank aja kok.

atau gini aja deh,itu caps di tempel di steker listrik



trus pasang di salah satu or bbrp colokan listrik yg ada di rumah,dijamin trip akan berkurang :iconbiggrin:

ase123 - Sun Aug 15, 2010 6:12 am

oh iya.. dari tadi panjang lebar belom dikasi tau tuh kapasitor yang kek gimana(gambar plis)? kapasitor nonpolar AC, kalo di toko ada yang jual gak? harganya berapa?
MAS - Sun Aug 15, 2010 6:26 am

busreeeeet hahahaha lha ini yg kek gini kan gbr anda sendiri kan ?



yg jelas di toko2 elektronik ada,harga sekitar 20rb-an.non polar itu artinya ga ada kutub plus/minus di caps nya :iconbiggrin: jadi ya bolak balik sami mawon.

soal nilainya berapa (nilai caps) ada di gbr saya tuh ... simpel banget kok itu

ase123 - Sun Aug 15, 2010 6:48 am



capasitornya itu yang dilingkari ya? berarti harus buka kulit kabel dulu, terus di tempelin gitu ya?

sori.. nilai capasitornya kurang jelas tuh di gamabar.. :hello1:

seenthink - Sun Aug 15, 2010 8:00 am

back to berita TransTV :iconbiggrin:
yg dipalsukan nomer serinya atau apalah namanya itu yg diatas tombol saklar sesuai gambarnya jurkun, biar gampang seperti di bawah ini lah

Elnova - Sun Aug 15, 2010 8:07 am

ase123 wrote:
jadi kalo alat2 bagus dan baru itu cos phi nya pasti 1 kan..

gak ada alat listrik yg nilai cos phinya 1 bro....paling tinggi 0,98 ~ 0,99 , itu menandakan keterbatasan manusia yang tidak mampu membuat barang yg sempurna... karena sempurna hanya milik sang Pencipta.... :iconbiggrin:

ase123 - Sun Aug 15, 2010 4:49 pm

kalo slow start itu cara kerjanya gimana dibanding pake capacitor? barusan cuma buat masak nasi pake rice coker plus tv doank udah jepret... ampun deh :homework:
seenthink - Sun Aug 15, 2010 4:52 pm

mending minta tolong yg ahli masalah listrik buat ngecek jalur kelistrikannya, sering jepret2 juga repot, repot di billingnya :homework:
Elnova - Sun Aug 15, 2010 7:24 pm

ase123 wrote:
barusan cuma buat masak nasi pake rice coker plus tv doank udah jepret... ampun deh

ihat di meteran listriknya bro, kalau MCB nya gak di segel, mendingan coba ganti sendiri, cuman hati-hati yah, karena listrik yang dari meteran itu langsung dari tiang

biasanya MCB kalau sering nge-jepret lama kelama'an bakal jadi longgar, tiap ada beban lonjakan, bimetalnya bergetar sedikit aja langsung nge-jepret

cmiiw

MAS - Sun Aug 15, 2010 8:06 pm

nilai caps nya 10uF / 450Volt AC ... bilang aja NON-POLAR !
ase123 - Tue Aug 24, 2010 9:37 pm

Quote:
sebperti contoh diatas kan, kulkas tersebut ternyata memakan arus listrik sampe 2,3 Ampere...itu kalau dihitung kembali menggunakan rumus daya

P = I x V

P = 2,3 x 220

P= 506 Watt......


oh iya ane mau nanya lagi nih.. ane baru tau kalo daya listrik di rumah2 itu pake satuan VA ya.. jadi 450 VA, 900 VA.. bukan 450 watt, 900 watt...

terus ane baca lagi kalo misal kulkas yang menyerap 300 watt sperti diatas.. dibagi dengan nilai cos phi-nya misal 0.6 jadi outputnya 506 VA bukan 506 watt.. dan 506 va ini yang akan di tampung di kapasitas daya rumah kita.. bener gak?

terus untuk tagihan listrik kulkasnya gimana ya? apa diitung 300 watt atau yang 506 VA nya :hello1:

Elnova - Tue Aug 24, 2010 11:15 pm

baca yang ini yah



:headbang:

biasanya VA dipake untuk daya yg di suplai, kalau Watt daya yang dipakai, makanya di meteran listrik biasanya kWh meter= kilo Watt Hour Meter, meteran yg digunakan untuk mengukur seberapa besar daya yg digunakan...

cmiiw

ase123 - Wed Aug 25, 2010 12:19 am

jadi untuk tagihan listrik bejimane? kulkas yang menyerap 300w terus outputnya 506 VA.. jadi untuk kWH di itung dari daya sebenarnya yaitu 300 watt-nya kan.. maksudnya boros jika cos phi-nya rendah cuma boros di pemakaian kapasitas daya rumah aja kan..
Elnova - Wed Aug 25, 2010 10:17 pm

ase123 wrote:
kulkas yang menyerap 300w terus outputnya 506 VA..

ini kok jadi kebalik sih??????? emangnya saya ngitungnya pake VA yah??????
perasa'an saya hitungnya selalu pake Watt, karena Watt itu daya yg kita gunakan sedangkan VA itu daya yg disuplai oleh PLN.......

yg dihitung di kWH itu ya daya yg terpakai yg sudah termasuk cos phi.......

yg 300watt itu cuma marketing gimmick nya produsen aja, kan udah saya kasih tau, GAK ADA SUATU ALAT YG NILAI COS PHI NYA =1

300watt itu LABEL dari produsen bahwa kulkas anda memakai daya sebesar 300watt (secara teori), tapi pada prakteknya karena adanya toleransi (kualitas komponen dll) maka sebenarnya kulkas tersebut menyerap daya 506watt bukan V.A

jadi yg terhitung oleh kWH meter ya daya yg terpakai yg 506Watt, itulah yg anda bayar setiap bulan....

bisa ngerti nggak nih???????

udahlah daripada ente pusing sama hitung-hitungan, mendingan beli aja alat watt meter, setiap alat dirumah ente, pasangin watt meter nanti dijumlah aja berapa total daya yg terpakai, kalau melebihi dari daya yg di suplai....ya hasilnya seperti itu, MCB akan sering trip....

sekali lagi

V.A itu untuk daya yang disuplai

Watt itu untuk daya yang digunakan

atau mendingan gak usah pusing2....V.A = Volt . Ampere , dalam perhitungan tanda "titik" itu sama dengan kali

jadi kembali ke rumus daya P = I x V

P = Satuannya Watt

I = Arus yg mengalir satuannya Ampere

V= Tegangan kerja satuannya Volt

jadi

P = I x V atau V x I

P= A x V atau V x A

hasilnya akan tetap Watt....

tambah bingung kan???? gue juga bingung...... :laughing6:

trianox - Mon Feb 07, 2011 12:21 pm
Post subject: ganti MCB
ikut nimbrung donk..
rmh gw 2200watt.dibagi 4 group.MCB yg di meteran 10A. MCB yg bagian khusus AC sering bgt jepret.akhirnya td siang aku panggil tukang listrik, trus smua MCBnya diganti (MCB udah berumur 20th).
ukuran MCB yg baru utk msng2 group spt ini:
1. 25A, utk sentral
2. 10A, utk bagian dpn rmh (cm 5 bohlam lampu philips, setrika, pompa kolam (63watt) )
3. 10A, utk bagian blkng rmh (9 bohlam lampu philips,dispenser,kulkas,magic com,mesin cuci)
4. 16A, utk AC doank 3/4PK
Blm tau nih, masih jepret lagi apa ga? biasanya klo jepret malam hari...

Boleh ga sih, ukuran MCB yg di group lbh besar dibanding yg di meteran (10A)?
soalnya klo ga masalah pake MCB ukuran besar di group, kenapa ga sekalian pake MCB yg gede aja? misal 4 group semuanya pake 20A, biar ga sering "jepret/anjlok"?????
kelemahan klo qta pake MCB ukuran besar di group apa ya?

kasih saran dan masukan donk..
paling takut sama listrik nih, mana suami tugasnya di luar.jadi apa2 mesti diurus sendiri..
please HELP ME.... :help:
http://www.oprekpc.com/fo...smiles/help.gif

Elnova - Mon Feb 07, 2011 12:44 pm

trianox wrote:
rmh gw 2200watt.dibagi 4 group.MCB yg di meteran 10A.

kalau yg di group lebih besar dari yg di meteran......paling2 yg sering "trip/jepret" ya yg dimeteran.... :iconbiggrin:


Powered by phpBB modified by Przemo © 2003 phpBB Group