Oprek PC Menu
Facebook Fans Page
Oprek PC Ads
OprekPC.com Forum Index
  Modifikasi - Tweak - Overclock      Search      Memberlist      Album
  · Log in Register · Profile · Log in to check your private messages · Usergroups  
 Announcement 
Saat ini Anda sudah bisa menikmati layanan RSS Feed di forum OprekPC. Selamat bergabung dengan kami melalui offline mailing news.

Previous topic «» Next topic
Komponen Dasar Listrik dan ELektronika
Author Message
Elnova 
Moderator



Helped: 15 times
Age: 34
Joined: 28 Jun 2005
Posts: 3270
Location: otanaha
Posted: Tue Jul 28, 2009 10:05 am   Komponen Dasar Listrik dan ELektronika

Elektronika mempunyai 2 komponen dasar diantaranya yaitu :

1. Komponen Pasif
Komponen pasif merupakan komponen yang dapat bekerja tanpa sumber tegangan. Komponen pasif terdiri dari Hambatan atau tahanan (resistor), kapasitor atau
kondensator, induktor atau kumparan.

2. Komponen Aktif
Komponen aktif merupakan komponen yang tidak dapat bekerja tanpa adanya sumber tegangan. Komponen aktif terdiri dari dioda, transistor, IC dan semua jenis komponen semi konduktor lainnya

Kita akan membahasnya secara singkat

Komponen Pasif


Resistor
Resistor atau yg biasa kita sebut hambatan adalah komponen elektronika yang selalu digunakan dalam setiap rangkaian elektronika karena dia berfungsi sebagai pengatur arus listrik. Hambatan disingkat dengan huruf "R". Satuan Hambatan adalah Ohm. Hambatan listrik dapat didistribusikan sesuai dengan kebutuhan.

Tentunya anda bertanya-tanya, apa itu Hambatan ?, seperti apa bentuknya ?, bagaimna cara kerjanya ?, untuk lebih jelasnya perhatikan uraian dibawah ini.
Sekarang anda lihat gambar dibawah ini:



gambar diatas adalah salah satu bentuk dari Hambatan, apa ada yang lain.?, masih banyak bentuk dan jenis dari Hambatan, coba saja anda buka salah satu alat elektronika yang sudah rusak dan tidak terpakai, misalnya charger Handphone anda atau radio saku anda. disitu anda akan lihat banyak sekali Hambatan bertebaran. dari yang
berbentuk bulat panjang seperti gambar diatas, persegi empat, seperti tapal kuda, atau tombol
pengatur suara yang ada di radio tape, itu juga Hambatan. Dan masih banyak lagi

Perhatikan gambar berikut:



sebuah Hambatan mempunyai jumlah cincin sebanyak 5 diantaranya yaitu cincin pertama, cincin kedua, cincin ketiga (multiflier), cincin keempat (toleransi), dan cincin kelima (kualitas). Nah sekarang mari kita mencoba membaca nilai suatu Hambatan. Pada gambar 5 kita dapatkan bahwa Hambatan tersebut berwarna biru, merah, merah, emas dan merah.

Untuk membaca kode warna Hambatan seperti yang dipermassalahkan diatas, kita mulai menerjemahkan satu persatu kode tersebut. Untuk dapat menentukan nilai warna yang terdapat Hambatan dapat kamu lihat pada tabel dibawah:



Warna pertama biru berarti angka 6
Warna kedua merah berarti angka 2
Warna ketiga merah berarti multiplyer, perkalian dengan 10 pangkat 2.
kalau diterjemahkan
=62 X 10²
=62 X 100
=6200 Ohm
Berarti 6200 Ohm. dengan toleransi sebesar 10 %.
Akurasi dari Hambatan tersebut berarti :
=6200 X 10%
=6200 X ( 10 : 100 )
=6200 x 0,1
= 620

Jadi nilai sebenarnya dari Hambatan tersebut adalah:
maximum 6200 + 620 = 6820 Ohm
minimumnya 6200 - 620 = 5580 Ohm.

Karakteristik dari bahan baku Hambatan tidak sama, walaupun pabrik sudah mengusahakan agar dapat menjadi standart tetapi apa daya prosesnya menjadi tidak standart. Untuk itulah pabrik menyantumkan nilai toleransi dari sebuah Hambatan.

Di dalam kondisi tertentu dalam praktek para perancang sering membutuhkan sebuah Hambatan dengan nilai tertentu. Akan tetapi nilai Hambatan tersebut tidak ada di toko penjual, bahkan pabrik sendiri tidak memproduksinya. Lalu bagaimana solusinya..?. untuk mendapatkan nilai Hambatan dengan resistansi yang unik atau tidak diproduksi, dapat dilakukan dua cara ;
Pertama cara SERI, dan yang kedua cara PARALEL.
Dengan cara demikian maka massalah designer diatas dapat terpecahkan. Bagaimana cara Serial dan bagaimana pula cara Paralel.

Rangkaian Seri
Rangkaian seri terdiri dari 2 atau lebih Hambatan yang disusun secara berurutan, Hambatan yang satu berada di belakang Hambatan yang lain. Hambatan yang disusun seri dapat dijadikan menjadi 1 Hambatan, yang disebut dengan hambatan pengganti. Bagaimana cara mentukan hambatan penggantinya? Perhatikan gambar berikut.




Dari contoh gambar diatas, maka dapat di rumuskan nilai total resistor pengganti adalah sebagai berikut

Rp = R1 + R2 + R3[b/]

Jika jumlah resistor yg di seri banyak maka:

Rp = R1 + R2 + R3+ ... + Rn

Keterangan:

Rp = Resistor pengganti
Rn= jumlah resistor terkahir

[b]Rangkaian Paralel

Pada rangkaian pararel 2 atau lebih hambatan disusun secara bertingkat, seperti dapat dilihat pada
Gambar berikut:





Seperti halnya rangkaian seri, rangkaian pararel dapat juga dijadikan menjadi 1 yang
disebut hambatan pengganti yang besarnya,



Keterangan :
Rp = hambatan Pengganti (Ohm)
R1 = hambatan ke-1
R2 = hambatan ke-2
R3 = hambatan ke-3
Rn = hambatan ke-n

Resistor Variable (VR)

Nilai resistansi resistor jenis ini dapat diatur dengan tangan, bila pengaturan dapat dilakukan setiap saat oleh operator (ada tombol pengatur) dinamakan potensiometer dan apabila pengaturan dilakukan dengan obeng dinamakan trimmer potensiometer (trimpot).

Tahanan dalam potensiometer dapat dibuat dari bahan carbon dan ada juga dibuat dari
gulungan kawat yang disebut potensiometer wirewound. Untuk digunakan pada tegangan yang
tinggi dan arus yg besar biasanya lebih disukai jenis wirewound.

Contoh Variable Resistor:



Resistor Peka Suhu (Thermistor) dan Resistor Peka Cahaya

Nilai resistansi thermistor tergantung dari suhu. Ada dua jenis yaitu NTC (negative temperature coefficient) dan PTC (positive temperature coefficient). NTC resistansinya kecil bila panas dan makin dingin makin besar. Sebaliknya PTC resistensi kecil bila dingin dan membesar bila panas.





Ada juga resistor jenis lain ialah LDR (Light Depending Resistor) yang nilai
resistansinya tergantung pada sinar / cahaya.

bersambung

 
     
Elnova 
Moderator



Helped: 15 times
Age: 34
Joined: 28 Jun 2005
Posts: 3270
Location: otanaha
Posted: Sat Aug 01, 2009 8:45 pm   

Kapasitor (Kondensator)

Kondensator (Capasitor) adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik. Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad. Ditemukan oleh Michael Faraday (1791- 1867). Kondensator kini juga dikenal sebagai "kapasitor", namun kata "kondensator" masih dipakai hingga saat ini.
• Kondensator diidentikkan mempunyai dua kaki dan dua kutub yaitu positif dan negatif
serta memiliki cairan elektrolit dan biasanya berbentuk tabung.



• Sedangkan jenis yang satunya lagi kebanyakan nilai kapasitasnya lebih rendah, tidak mempunyai kutub positif atau negatif pada kakinya, kebanyakan berbentuk bulat pipih berwarna coklat, merah, hijau dan lainnya seperti tablet atau kancing baju yang sering disebut kapasitor (capacitor).



Namun kebiasaan dan kondisi serta artikulasi bahasa setiap negara tergantung pada masyarakat yang lebih sering menyebutkannya. Kini kebiasaan orang tersebut hanya menyebutkan salah satu nama yang paling dominan digunakan atau lebih sering didengar.

Pada massa kini, kondensator sering disebut kapasitor (capacitor) ataupun sebaliknya yang
pada ilmu elektronika disingkat dengan huruf (C). Satuan dalam kondensator disebut Farad.

1 Farad = 1.000.000 μF (mikro Farad)
1 μF = 1.000.000 pF (piko Farad)
1 μF = 1.000 nF (nano Farad)
1 nF = 1.000 pF (piko Farad)

Seperti halnya resistor, kapasitor mempunyai kode warna untuk menentukan besarnya kapasitansi. Tabel berikut merupakan kode warna dari Kapasitor



Wujud dan Macam kondensator
Berdasarkan kegunaannya kondensator kita bagi dalam:

1.Kondensator tetap (nilai kapasitasnya tetap tidak dapat diubah)
Kondensator tetap ialah suatu kondensator yang nilainya konstan dan tidak berubahubah.
Kondensator tetap ada tiga macam bentuk:

Kondensator keramik (Ceramic Capacitor)
Bentuknya ada yang bulat tipis, ada yang persegi empat berwarna merah, hijau, coklat dan lain-lain. Dalam pemasangan di papan rangkaian (PCB), boleh dibolak-balik karena tidak mempunyai kaki positif dan negatif.

Mempunyai kapasitas mulai dari beberapa piko Farad sampai dengan ratusan Kilopiko Farad
(KpF). Dengan tegangan kerja maksimal 25 volt sampai 100 volt, tetapi ada juga yang sampai ribuan volt.

Contoh misal pada badannya tertulis = 203, nilai kapasitasnya = 20.000 pF = 20 KpF =0,02 μF.
Jika pada badannya tertulis = 502, nilai kapasitasnya = 5.000 pF = 5 KpF = 0,005 μF





Kondensator Polyester
Pada dasarnya sama saja dengan kondensator keramik begitu juga cara menghitung nilainya. Bentuknya persegi empat seperti permen. Biasanya mempunyai warna merah, hijau, coklat dan sebagainya.





Kondensator Kertas
Kondensator kertas ini sering disebut juga kondensator padder. Misal pada radio dipasang
seri dari spul osilator ke variabel condensator. Nilai kapasitas yang dipakai pada sirkuit
oscilator antara lain:

-Kapasitas 200 pF - 500 pF untuk daerah gelombang menengah (Medium Wave /MW) = 190 meter - 500 meter.
- Kapasitas 1.000 pF - 2.200 pF untuk daerah gelombang pendek (Short Wave / SW) SW 1 = 40 meter - 130 meter.
- Kapasitas 2.700 pF - 6.800 pF untuk daerah gelombang SW 1, 2, 3 dan 4, = 13 meter - 49 meter.







2. Kondensator elektrolit (Electrolite Condenser = Elco)

Kondensator elektrolit atau Electrolytic Condenser (yang kita kenal sebagai Elco) adalah kondensator yang biasanya berbentuk tabung, mempunyai dua kutub kaki berpolaritas positif dan negatif, ditandai oleh kaki yang panjang positif sedangkan yang pendek negatif atau yang dekat tanda minus ( - ) adalah kaki negatif. Nilai kapasitasnya dari 0,47 μF (mikroFarad) sampai ribuan mikroFarad dengan voltase kerja dari beberapa volt hingga ribuan volt.



3. Kondensator variabel (nilai kapasitasnya dapat diubah-ubah)
Kondensator variabel dan trimmer adalah jenis kondensator yang kapasitasnya bisa diubah-ubah. Kondensator ini dapat berubah kapasitasnya karena secara fisik mempunyai poros yang dapat diputar dengan menggunakan obeng atau langsung dengan tangan

Kondensator variabel terbuat dari logam, mempunyai kapasitas maksimum sekitar 100pF (pikoFarad) sampai 500 pF (100pF = 0.0001μF). Kondensator variabel dengan spul antena dan spul osilator berfungsi sebagai pemilih gelombang frekuensi tertentu yang akan ditangkap.





Kondensator trimer
Sedangkan kondensator trimer dipasang paralel dengan variabel kondensator berfungsi untuk menepatkan pemilihan gelombang frekuensi tersebut.Kondensator trimer mempunyai kapasitas dibawah 100 pF (pikoFarad).





Rangkaian Seri dan Pararel pada Kapasitor

Seperi halnya pada resistor, kapasitor dapat dirangkai secara seri dan pararel. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.



Tujuan mem-Paralel Kapasitor adalah untuk mendapatkan Kapasitas yg lebih besar, syarat utk memparalel kapasitor “Usahakan tegangan kerja nya sama” agar padasaat beroperasai tidak ada kapasitor yg mendapat tegangan kerja yg berlebihan
Rumus kapasitor paralel

Cp= C1 + C2 + C3+...+Cn

Misalnya ada 4 buah kapasitor dengan nilai 100uF/24V diparalel maka hasilnya adalah

Cp = C1 + C2 + C3 + C4

Cp = 100 + 100 + 100+ 100

Cp= 400uF/24V

Tujuan men-seri Kaasitor biasanya untuk mendapatkan nilai kapasitas yg lebih kecil dan tegangan kerja yg lebih tinggi

Contoh gambar rangkaian seri:



Rumus Rangkaian Seri

1/Cp= 1/C1+ 1/C2+ 1/C3+⋯+ 1/Cn

Contoh:
Ada 4buah Kapasitor @100uF/25Volt, dirangkai seri, maka kapasitas total dan eg.kerja maksimal kapasitor tersebut adalah ?

1/Cp= 1/C1+ 1/C2+ 1/C3+ 1/C4

1/Cp= 1/100+ 1/100+ 1/100+ 1/100

1/Cp= 4/100

1/Cp= 1/25

Cp x 1 = 25 x 1

Cp = 25uF / 100V

Jadi kapasitas total dari 4kapasitor yg diseri tersebut adalah 25uF/100Volt

bersambung....komponen selanjutanya

_________________
kemaren sempet ngobrol sama JK: Nabi Muhammad mendapat perintah pertama kali cuman disuruh iqra / membaca
jadi klu emang mau banyak mendapatkan ilmu ya HARUS RAJIN MEMBACA.....
 
     
DimZ 
Moderator



Helped: 5 times
Age: 44
Joined: 17 Jan 2005
Posts: 2096
Location: Jakarta
Posted: Thu Aug 06, 2009 8:25 am   

siippp keren.... thanks...
ayoo baru juga 2 komponen.. :)

_________________
Driver database Powered by OprekPC
 
     
Elnova 
Moderator



Helped: 15 times
Age: 34
Joined: 28 Jun 2005
Posts: 3270
Location: otanaha
Posted: Wed Aug 19, 2009 9:47 am   

Transformator

Teori dasar

Suatu kumparan/lilitan kawat bila dilalui arus listrik maka kumparan tersebut akan menimbulkan medan magnet, demikain sebaliknya.

Oleh karena itu prinsip dasa transformato radalah :
Transformator bekerja berdasarkan prinsip induksielektromagnetik. Aruslistrik bolak-balik yang mengalir dalam kumparan primer menimbulkan medan magnet yang kemudian di induksikan kekumparan sekunder. Sehingga menimbulkan arus listrik di kedua ujung kumparan sekunder

Transormator (atau yang lebih dikenal dengan nama trafo) adalah suatu alat elektronik yang memindahkan energi dari satu sirkuit elektronik ke sirkuit lainnya melalui pasangan magnet. Trafo mempunyai dua bagian diantaranya yaitu bagian input (primer) dan bagian output (sekunder). Pada bagian primer atau pun bagian sekunder terdiri dari lilitan-lilitan tembaga.
Jenis-jenis trafo:

Trafo Step down
Transformator step-down memiliki lilitan sekunder lebih sedikit daripada lilitan primer, sehingga berfungsi sebagai penurun tegangan. Transformator jenis ini sangat mudah ditemuidalamkehidupansehari-hari, terutama dalam adaptor AC-DC.

Trafo step up
Transformator step-up adalah transformator yang memiliki lilitan sekunder lebih banyak daripada lilitan primer, sehingga berfungsi sebagai penaik tegangan. Transformator ini biasa ditemui pada pembangkit tenaga listrik sebagai penaik tegangan yang dihasilkan generator menjadi tegangan tinggi yang digunakan dalam transmisi jarak jauh.

Trafo Isolasi
Transformatorisolasi memiliki jumlah lilitan sekunder yang sama dengan jumlah lilitan primer, sehingga tegangan sekunder sama dengan tegangan primer. Tetapi pada beberapa desain, gulungan sekunder dibuat sedikit lebih banyak untuk mengkompensasi kerugian. Transformator jenis ini biasa digunakan sebagai kopling/ penghubung antara dua rangkaian (misalnya dalam rangakaian audio amplifier), tapi teknologi sekarang ini sudah jarang menggunakan transformator lagi, karena frekwensi yg mampu di respon oleh transformator ini kurangbaik, maka sekarang kebanyakan kopling digunakan kapasitor sebagai pengganti transformator

Trafoimedansi
Trafoimpedansi biasanyadigunakan pada hubungan antara power amplifier dengan loud speaker, misalnya power amplifier tersebutmempunyaidaya 100watt/ 8 Ohm, sedangkan loud speakernya mempunyai daya 5watt /4 Ohm (biasanya speakernya banyak dan diparalel/ seri) maka tidak mungkin bila langsung dihubungkan ke power amplifier tersebut, karena speaker akan terbakar, maka digunakanlah transformator impedansi
Dll..
Pada bagian primer, tegangan yang masuk disebut dengan tegangan primer (Vp)
dan kumparannya disebut dengan kumparan primer (Np), sedangkan pada bagian sekunder
tegangan yang masuk disebut dengan tegangan sekunder (Vs) dan kumparannya nya disebut dengan kumparan sekunder (Ns). Sehingga didapatkan hubungan bahwa:



Keterangan:
Vp = tegangan primer (volt)
Vs = tegangan sekunder (volt)
Np = jumlah lilitan primer (kumparan)
Ns = jumlah lilitan sekunder (kumparan)
Is = Arus Primer (Ampere)
Ip = Arus Sekunder (Ampere)

contoh trafo (buat yg seumur idup blm pernah tau klu trafo itu kayak gimana)



maaf...klu kurang gambarnya yah.... juga klu ada penjelasan yg salah, kurang pas..mohon koreksinya dari temen2

_________________
kemaren sempet ngobrol sama JK: Nabi Muhammad mendapat perintah pertama kali cuman disuruh iqra / membaca
jadi klu emang mau banyak mendapatkan ilmu ya HARUS RAJIN MEMBACA.....
 
     
MAS 
Juru Kunci


Helped: 91 times
Age: 44
Joined: 16 Jan 2005
Posts: 15557
Location: Jakarta-Purwokerto PP
Posted: Wed Aug 19, 2009 10:07 am   

nambahin bentuk trafo yah...

yg bulet kayak cincin ini disebut Trafo Toroidal

gambar asli bentuk fisik



gambar bentuk rangkaian/skema


_________________
tested
 
     
klemat 
baru ng-Oprek



Joined: 18 Aug 2009
Posts: 12
Posted: Mon Sep 07, 2009 5:12 am   

bang El, apa bedanya kondensator trimmer dengan kondensator variabel (Kondensator trimer
Sedangkan kondensator trimer dipasang paralel dengan variabel kondensator berfungsi untuk menepatkan pemilihan gelombang frekuensi tersebut.Kondensator trimer mempunyai kapasitas dibawah 100 pF (pikoFarad).
)

trus kayaknya kok tu gambar induktor variable pake ferit?

 
     
klemat 
baru ng-Oprek



Joined: 18 Aug 2009
Posts: 12
Posted: Mon Sep 07, 2009 5:23 am   

nambahin jenis trafo yaaa
ini adalah trafo untuk switching power supply atau biasa digunakan pada rangkaian elektronik yang bekerja pada frekuensi lumayan tinggi (biasanya >40 KHz)


simbolnya di skema:


kalau ini besi pake garis lurus, kalau pake inti ferit pake garis putus2

 
     
mas sas 
Moderator



Helped: 53 times
Joined: 12 Oct 2005
Posts: 3556
Location: warungpl.us
Posted: Tue Sep 08, 2009 1:24 am   

mas klemat,
gambar IF/MF di atas mmg kurang pas ya
mgkn yg ini lbh enak buat kasi gambaran trimmer kondensator



trimmer biasa ditrim cuman buat sekali & muternya butuh obeng
yg variabel krn bakal sering diputer2 maka selalu dikasi knob
model logam dulu populer banget sebelum digantikan model mika
yg akhirnya kegusur pula sama PLL

_________________


 
     
frans3q 
baru ng-Oprek


Joined: 11 Sep 2009
Posts: 1
Posted: Fri Sep 11, 2009 5:48 pm   

Saya mau tanya, bagaimana cara memilih kapasitor (elco) yg tepat? maksud nya, bagaimana cara menghitung muatan kapasitor nya.

saya menggunakan sumber daya battery 11.5 volt dengan kapasitas 2200mAH (2 buah, paralel).
bebannya 2buah motor DC 12volt dengan maks konsumsi arus 5.5A, rata2 1.5A.

saya tidak tau cara menghitung berapa besar lonjakan arus saat motor pertama kali beroperasi. dan berapa ampere maksimum yg dapat dikeluarkan baterai tsb.

dan lagi, elco kan ada spesifikasi tegangannya. kalau saya menggunakan elco 25v sedangkan tegangan kerjanya hanya 12volt, pengaruh nya apa?apakah akan ada perbedaan secara teknis antara elco 25v dan 16v jika hanya digunakan 12v selain pemborosan biaya.

Last edited by frans3q on Fri Sep 11, 2009 5:51 pm; edited 1 time in total  
 
     
MAS 
Juru Kunci


Helped: 91 times
Age: 44
Joined: 16 Jan 2005
Posts: 15557
Location: Jakarta-Purwokerto PP
Posted: Fri Sep 11, 2009 6:09 pm   

Quote:
saya tidak tau cara menghitung berapa besar lonjakan arus saat motor pertama kali beroperasi. dan berapa ampere maksimum yg dapat dikeluarkan baterai tsb.


ngitung histerisis nya sih cuman 1.5x tegangan awal.itu yg slalu saya pakai.spy ga nlimet .

Quote:
dan lagi, elco kan ada spesifikasi tegangannya. kalau saya menggunakan elco 25v sedangkan tegangan kerjanya hanya 12volt, pengaruh nya apa?apakah akan ada perbedaan secara teknis antara elco 25v dan 16v jika hanya digunakan 12v selain pemborosan biaya.


pengaruh sih ga ada,klo beda teknis antara 25v dan 16v kan cuman urusan dimensi fisik doang.

_________________
tested
 
     
Elnova 
Moderator



Helped: 15 times
Age: 34
Joined: 28 Jun 2005
Posts: 3270
Location: otanaha
Posted: Fri Sep 11, 2009 6:18 pm   

kayaknya perlu displit yah, ditempat tersendiri kalau soal pertanya'an kayak begitu......
_________________
kemaren sempet ngobrol sama JK: Nabi Muhammad mendapat perintah pertama kali cuman disuruh iqra / membaca
jadi klu emang mau banyak mendapatkan ilmu ya HARUS RAJIN MEMBACA.....
 
     
Prince 
baru ng-Oprek


Age: 29
Joined: 31 Dec 2009
Posts: 4
Location: Surabaya
Posted: Thu Dec 31, 2009 8:29 pm   

Permisi...
Mo tanya neh,
Kalo kapasitor kakinya bengkok (tp ga sampe patah) gara2 kena benturan, apa ada efeknya? Kalo efeknya negatif, tolong solusinya donk...
Ini kapasitor padat, solid kapasitor, di motherboard PC
Thanks ya....
:iconbiggrin:

 
     
lancer_evolution 
Ensign


Helped: 26 times
Joined: 03 Dec 2005
Posts: 8238
Location: In My OZ-MAX CT9A
Posted: Fri Jan 01, 2010 9:41 am   

Prince wrote:
Permisi...
Mo tanya neh,
Kalo kapasitor kakinya bengkok (tp ga sampe patah) gara2 kena benturan, apa ada efeknya? Kalo efeknya negatif, tolong solusinya donk...
Ini kapasitor padat, solid kapasitor, di motherboard PC
Thanks ya....
:iconbiggrin:
crossposting disini

tidak perlu dijawab lagi disini...

_________________
I being WONDERFUL
[Beetle - Ladybird - Calimero - Hermes - Sofia - Gemini - Z71 - Apple - Bravo - Maguro]
3570K | Z77 Extreme4 | 2x8GB 1600 | HD 6970
X6800 w/ 212 EVO | P5E3 Premium | 4x2GB 1333 | HD 6670
4800+ | TPower N750 | 2x2GB 800 | HD 4670
3217U | 4GB 1333 | HD 4000
T8300 | 2GB 800 | GMA 3100
E450 | 8GB 1333 | HD 6320

 
     
IWAN S 
Ensign


Helped: 5 times
Age: 30
Joined: 06 Feb 2010
Posts: 706
Location: Free-York
Posted: Fri Oct 15, 2010 10:52 am   

:hello1: ayo lanjutin lagi donk kang elnova tutorialnya
_________________
Biostar G41-M7, Intel C2D E7500 @2,93 MHz, V-Gen 2x 2Gb DDRII, Hitachi 250 Gb
ga dimacem2in, cuma buat ngintip forum sm Facebook
 
     
seenthink 
suka ng-Oprek



Helped: 8 times
Age: 71
Joined: 31 Jan 2009
Posts: 985
Location: sometimes on the street ....
Posted: Sun Oct 17, 2010 11:26 pm   

posting pertamaku di subforum ini :iconbiggrin:
wow cool tutornya bro EL

sambunganya mana nih bro ?

_________________

harap baca rules di sini dan sini sebelum terlanjur disemprot momod :D
 
     
Elnova 
Moderator



Helped: 15 times
Age: 34
Joined: 28 Jun 2005
Posts: 3270
Location: otanaha
Posted: Mon Oct 18, 2010 2:08 pm   

waduh maaf yak temen2...belom sempet nyambung, soalnya lagi sibuk di REAL LIFE (bro seenthink tau kok :iconbiggrin: )

gambarnya udah pada hilang, nggak tau kenapa tiba2 acc. di tinypic di banned....terpaksa bongkar2 arsip lama utk upload gambarnya...(entah kapan bisa di upload) :homework:

_________________
kemaren sempet ngobrol sama JK: Nabi Muhammad mendapat perintah pertama kali cuman disuruh iqra / membaca
jadi klu emang mau banyak mendapatkan ilmu ya HARUS RAJIN MEMBACA.....
 
     
kaito09 
baru ng-Oprek


Age: 25
Joined: 22 Jan 2011
Posts: 1
Location: Balikpapan
Posted: Sat Jan 22, 2011 3:43 pm   

woooooowww...
good info nie bro...
lemparan-2 informasi x cantik...
mudahan qt bisa berbagi...
mohon bantuan yach SENIOR-2...
:love4:

 
     
cebok 
baru ng-Oprek


Joined: 05 Mar 2011
Posts: 21
Posted: Sun Mar 06, 2011 4:58 am   

lah ...tutorial bagus banget kenapa gambarnya pada kabur bang?? padahal butuh nih buat ajarin keponakanku...upload lagi donk bang!!! :iconbiggrin:
 
     
deep_inside 
baru ng-Oprek


Joined: 31 Jan 2011
Posts: 7
Posted: Tue Mar 22, 2011 5:25 pm   

ada yg tau ga tempat kursus elektronika yg berhubungan dengan komputer , misalnya benerin motherboard,PSU,ttg kelistrikan pd komputer gt..
saya awam bgt masalah elektronika, mainin multitester ja ga ngerti :(

 
     
lamsijan 
Oprek Rookie



Helped: 56 times
Age: 26
Joined: 31 Jan 2010
Posts: 2028
Location: bandung heurin ku tangtung
Posted: Tue Mar 22, 2011 5:31 pm   

maap om mod rada OOT
deep_inside wrote:
ada yg tau ga tempat kursus elektronika yg berhubungan dengan komputer , misalnya benerin motherboard,PSU,ttg kelistrikan pd komputer gt..
saya awam bgt masalah elektronika, mainin multitester ja ga ngerti :(

lokasi dmn nih, klo di sby, jkt mah ga tau.... :laughing6:

_________________
regol [email protected] w/ stock cooling, A880GB+,4Gb, 500G hdd, still vantec ion2+ 450watt
 
     
deep_inside 
baru ng-Oprek


Joined: 31 Jan 2011
Posts: 7
Posted: Tue Mar 22, 2011 5:42 pm   

lamsijan wrote:
maap om mod rada OOT
deep_inside wrote:
ada yg tau ga tempat kursus elektronika yg berhubungan dengan komputer , misalnya benerin motherboard,PSU,ttg kelistrikan pd komputer gt..
saya awam bgt masalah elektronika, mainin multitester ja ga ngerti :(

lokasi dmn nih, klo di sby, jkt mah ga tau.... :laughing6:


lokasi di bekasi :D
mang yg ada kursus gituan dimana y .
biasana kursus teknisi komputer cm bongkar pasang,partisi,instal,troubleshooting windows.. bla bla bla.. lah gt doang mah tau..
:D

lg nyari kursus teknisi komputer yg berhubungan dg elektronika nih :)
cthnya sprti : mainin multitester,soldier,blower,pengukuran tegangan,dll

Last edited by deep_inside on Tue Mar 22, 2011 5:45 pm; edited 2 times in total  
 
     
IWAN S 
Ensign


Helped: 5 times
Age: 30
Joined: 06 Feb 2010
Posts: 706
Location: Free-York
Posted: Tue Mar 22, 2011 6:06 pm   

klo itu sih kursusnya di bagian elektronik
otomatis pasti belajar masalah begituan
Quote:
cthnya sprti : mainin multitester,soldier,blower,pengukuran tegangan,dll

_________________
Biostar G41-M7, Intel C2D E7500 @2,93 MHz, V-Gen 2x 2Gb DDRII, Hitachi 250 Gb
ga dimacem2in, cuma buat ngintip forum sm Facebook
 
     
Ndo..Q 
Oprek Rookie



Helped: 17 times
Age: 23
Joined: 18 Apr 2008
Posts: 1866
Location: Gresik Surabaya PP
Posted: Wed Mar 23, 2011 6:56 am   

deep_inside wrote:
cthnya sprti : mainin multitester,soldier,blower,pengukuran tegangan,dll


biasanya ada kok kalo mau muter2 se kota..biasanya ada kursus repair HP + Komputer...jd bisa maen solder2an gitu... :D

_________________
..--=ILMU tinggi TANPA pengamalan = OMONG KOSONG ! =--..
 
     
deep_inside 
baru ng-Oprek


Joined: 31 Jan 2011
Posts: 7
Posted: Wed Mar 23, 2011 8:53 am   

I-ONE'S wrote:
klo itu sih kursusnya di bagian elektronik
otomatis pasti belajar masalah begituan


Ndo..Q wrote:

biasanya ada kok kalo mau muter2 se kota..biasanya ada kursus repair HP + Komputer...jd bisa maen solder2an gitu... :D


oo gt , biasanya elektronika yg berhubungan sm reparasi komputer itu seperti benerin motherboard dll itu, ttg elektronika digital atau elektronika mikrokontroller , atau general ?

terima kasih ya atas perhatiannya :D :headbang:

 
     
MAS 
Juru Kunci


Helped: 91 times
Age: 44
Joined: 16 Jan 2005
Posts: 15557
Location: Jakarta-Purwokerto PP
Posted: Wed Mar 23, 2011 9:21 am   

kalo khusus buat mobo or komputer reparasi pada umumnya ga bakalan ada....tapi kalo nyari dasar2 yg mendekati ke situ malah ada.jd ambil dasar2 elektronika yg terkait dgn komputer dulu.bisa cari2 yg namanya Hertz Electronic Institut (http://www.hertz88.com/) gw dulu disitu th 89 ,tp cuman 6 bln doang hahahahaha
_________________
tested
 
     
Display posts from previous:   
Reply to topic
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum
Add this topic to your bookmarks
Printable version

Jump to:  



Powered by phpBB modified by Przemo © 2003 phpBB Group
Template modified by Mich@³
Customized by OprekPC @ 2007
Page generated in 0.47 second. SQL queries: 13